Perbedaan IPv4 dan IPv6 dalam Jaringan

ipv-4-and-ipv6

Perbedaan IPv4 dan IPv6 ini bisa diketahui dengan jelas dari jumlah bit yang dihasilkan dalam masing – masing versi internet protokol. Keberadaan Interenet Protokol Versi 4 yang telah ada terlebih dahulu memang telah sangat banyak membantu. Setelah diketahui bahwa penduduk di dunia akan terus bertambah, ternyata ada kemungkinan juga untuk meningkatnya pemakaian internet. Dengan begitu, maka mulai dikembangkanlah versi lanjutan dari Internet Protokol versi 4 ini (IPv4) di sekitar awal tahun 1990 – an.

Internet Protocol Address yang biasa IP Address atau IP ini merupakan deretan angka biner sejulmah 32 bit hingga 128 yang dipakai sebagai alamat yang mengidentifikasi komputer pada sebuah jaringan internet.

Jenis Alamat IPV4 dan IPV6

Keberadaan Internet Protocol versi 4 (IPV4) dan Internet Protocol versi 6 (IPv6) tentu memiliki perbedaan. Termasuk dengan jenis alamat yang disediakan masing – masing Internet Protokol berikut ini :

Internet Protokol Versi 4 (IPV4)

Ada tiga alamat yang dimiliki Internet Protokol Versi 4 (IPV4), yaitu :

  1. ü  Unicast
    Alamat ini merupakan alamat dari IPV4 yang dibuat untuk sebuah interface network atau jaringan antarmuka yang bisa digunakan dalam komunikasi satu orang ke satu orang (one – to – one atau point – to – point)
  2. ü  Broadcast
    Alamat internet protokol versi (IPv4) ini dibuat supaya bisa diproses dalam jaringan yang sama oleh setiap node yang digunakan untuk komunikasi dari satu orang kepada setiap orang lainnya.
  3. ü  Multicast
    Alamat yang didesain pada internet protokol versi 4 (IPv4) ini bisa digunakan untuk komunikasi dari satu orang – ke banyak orang melalui jaringan yang sama atau berbeda.

Internet Protokol Versi 6 (IPV6)

Jenis  alamat yang ada di dalam internet protokol versi 6 (IPv6) ini ada juga yang sama dengan alamat yang ada di versi sebelumnya, yaitu IPv4.

  1. ü  Unicast
    Sama seperti yang ada pada internet protokol versi 4( (IPv4) ini bisa digunakan untuk komunikasi antarmuka secara langsung (point – to –point)
  2. ü  Multicast
    Dalam alamat ini mungkin sedikit mirip dengan alamat Broadcast yang ada pada IPv4, tapi bedanya adalah pada alamat ini bisa mengirimkan ke banyak host dalam grup yang sama untuk komunikasi dari satu orang ke banyak orang.
  3. ü  Anycast
    Pada alamat yang ada pada Ipv6 ini bisa digunakan untuk komunikasi dari satu orang ke satu dari banyak orang (one – to – one – of – many)

Perbandingan IPv4 dan IPv6

Ada beberapa hal yang biasanya dibandingkan dengan dua internet protokol yang sudah dan akan digunakan ini. Yang pertama adalah panjang alamatnya. Panjang alamat pada Internet protokol versi 4 (IPv4) ini lebih sedikit dibanding versi terbarunya yakni berjumlah 32 bit sementara internet protokol versi 6 ini (IPv6) berjumlah 128 bit. Kemudian, untuk pengguna peranglat mobile internet protocol versi 4 (IPv4) ini kurang mendukung, dan ini yang menyebabkan sering terjadinya roaming. Sementara versi 6 ini mendukung sistem yang ada poada perangkat mobile, sampai IPv6 juga mendapat julukan sebagai mobile IP.

Perkembangan IPv6

Sejak diketahui bahwa internet protocol versi 4 akan habis, mulailah versi terbaru dari internet protocol ini mulai dikembangkan. Di dalam penggunaan internet protocol versi 6 (IPv6) ini mengalami banyak kemajuan. Selain jumlah bit yang lebih banyak sejumlah 128 bit ini akan dibagi lagi menjadi 16 bit yang beradadalam satu blok. Kemudian blok tersebut juga bisa dikonversi ke dalam bilangan yang memiliki ukuran 4 digit. Untuk pemisahan masing – masing blok sendiri akan menggunakan titik dua. Format notasi pada Internet protokol versi 6 (IPv6) inilah yang disebut colon – hexadecimal- format, sedangkan untuk internet protokol versi 4 (IPv4) disebut dotted – decimal – format. Dalam internet protocol ini juga (IPv6) memiliki penyederhanaan bentuk alamat dengan banyak menghilangkan karakter 0 pada sebuah alamat yang memiliki banyak angka 0. Kemudian alamat tersebut akan disederhanakan dengan menggunakan titik dua. Perbedaan IPv4 dan IPv6 inilah yang bisa dilihat dan disadari dengan jelas oleh para pengguna internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>